Oleh :Icha Pajrisa

Mega asri adalah sebuah komplek perumahan yang terletak di suatu tempat yang sangat strategis yaitu di perbatasan kota Palembang dan kabupaten Banyuasin.

ImageBeberapa puluh tahun yang lalu daerah mega asri   ini merupakan suatu daerah yang masih banyak pepohonan rindang dan sejuk serta di sekitarnya  ada beberapa sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA baik negeri maupun swasta antara lain SMP Negeri 11 Palembang, SMA Bakti Ibu 8 Palembang, SD Negeri 135 Palembang dan SMK Taman Siswa.

               Semakin bertambahnya waktu daerah di sekitar mega asripun semakin berkembang.  Pertambahan penduduk di daerah ini juga semakin padat melihat keadaan ini pemerintah menemukan sebuah peluang untuk membantu rakyat setempat dengan cara, menyediakan kredit perumahan rakyat melalui bank BTN, tepatnya pada tahun 1993 pihak dipeloper yaitu PT MEGA PURI YASA membangun perumahan sangat sederhana sebanyak 350 unit. Dalam masa pembangunan komplek mega asri ini tidak ada kendala yang terjadi, masa pembangunannya juga termasuk cepat yaitu hanya sekitar 6 bulan. Menurut  keterangan yang di dapat dari narasumber yaitu bapak Pajarudin, pihak dipelopor membangun rumah tersebut dengan luas tanah 10 x 9 meter dan luas bangunan 6 x 6 meter dengan 1 kamar tidur dan 1 buah sumur dengan bahan bangunannya pondasi : bata ,dinding : batako dan atap : asbes. Pada awalnya pihak dipeloper menetapkan harga sebesar Rp.6.900.000,- apabila di bayar kontan sedangkan untuk kredit harganya sebesar RP.45.000,- dalam jangka waktu 15 tahun.   

 Penduduk di mega asri ini berasal dari macam-macam daerah mulai dari jawa, lampung, sekayu, prabumulih dan lain-lain. Mega asri ini terdiri dari 24 blok dan 3 RT serta 1 RW. Nama-nama blok berdasarkan huruf abjad yaitu dari A sampai Z. Rt yang terdapat di mega asri yaitu Rt : 03, 04 dan 60  sedangkan RWnya yaitu 01. Mega asri termasuk di lingkungan km.14 kelurahan sukajadi kecamatan talang kelapa dan kabupaten banyuasin. Fasilitas yang terdapat di mega asri ini yaitu ada masjid, TK, jaringan telephone dan saluran air PAM. Akan tetapi, pada awal pembentukannya di mega asri ini belum mempunyai masjid atas inisiatif / swadaya masyarakat setempat dengan cara mengadakan gotong royong maka berdirilah sebuah masjid semi permanen yang di beri nama jamiatul khoir yang mempunyai TK/TPA unit 117.kegiatan di masjid ini juga untuk kaum perempuan adalah mengadakan rebana setiap hari jumat sedangkan untuk laki-laki adalah mengadakan pengajian yang diadakan setiap hari minggu. Adapun pembanguanan  masjid jamiatul khoir ini dimulai dari tahun 1996 sampai sekarang. Pada tahun 1997 pemerintah membangun sebuah taman kanak-kanak di kawasan ini, TK tersebut bernama TK Handayani. Pada tahun 2002 pihak telkomflexi mebangun jaringan telphone untuk masyarakat setempat. Jumlah penduduk yang tinggal di komplek mega asri ini sekitar 1450 orang, Pekerjaan penduduk di sini bermacam-macam ada yang bekerja sebagai PNS sebesar 60%, buruh sebesar 20% dan pedagang sebesar 20%.

Mengapa daerah ini di katakan strategis ? karena tempat ini dekat dengan terminal, bandara dan jalan lintas ke daerah jambi bengkulu padang dan aceh. Jalan raya yang sangat dekat dengan mega asri adalah jalan betung sedangkan terminalnya yaitu terminal alang-alang lebar dan bandara sultan Mahmud badarudin 2.  Daerah ini sangat dekat dengan pasar dan dikelilingi oleh pertokohan mulai dari : tokoh buku, toko elektronik dan toko manisan. Daerah ini juga dekat dengan perbankan baik negeri maupun swasta. Di sekitar mega asri juga ada sebuah SPBU yang memudahkan masyarakat untuk mengisi minyak kendaraan mereka. Dengan keadaan seperti ini tak sedikit penduduk mega asri memanfaatkannya dengan baik misalnya saja ibu tuti seorang ibu rumah tangga yang sekarang bekerja di pasar 12 dengan menjual bahan-bahan sembako. Ibu tuti mengaku banyak mendapat keuntungan karena tak perlu naik kendaraan lagi dari rumah sampai ke pasarnya sehingga dapat mengirit biaya. Keuntungan yang lain yang di dapat yaitu pada saat ada sebuah acara yang sangat penting tepatnya  tahun  2006 saat di adakannya PENAS  di sumbawa Kabupaten Banyuasin banyak sekali orang-orang dari daerah lain yang mencari tempat kontrakan  di mega asri di karenakan sangat dekat dengan terminal sehingga memudahkan mereka untuk sampai ke lokasi tersebut.

Di sekitar mega asri juga banyak sekali kolam-kolam yang di gunakan penduduk setempat pada beberapa tahun yang lalu untuk mengambil air pada musim kemarau akan tetapi memasuki tahun 2010 penduduk tidak lagi mengambil air dari kolam tersebut karena pemerintah telah mengadakan program PDAM, fungsi lain dari kolam tersebut digunakan untuk memelihara ikan. Pada saat sekarang kondisi di mega asri sudah jauh berubah di bandingkan pada saat pertama kali di bangun.Bangunan-bangunan sekolahpun sudah banyak sekali yang didirikan di sekitar perumahan ini. Keterangan lain yang di berikan pak pajar adalah mengenai nama mega asri. Mega asri berasal dari kata mega yang di ambil dari nama dipeloper yaitu MEGA PURI YASA sedangkan asri dikarenakan pada saat pertama kali di buat daerah ini masih sangat asri, sehingga di beri nama mega asri. Pihak dipeloper pada awalnya hanya membangun komplek mega asri di daerah km.14 ini, akan tetapi karena melihat kemajuan yang terdapat di mega asri ini pihak dipeloperpun membangun mega asri lainnya di km 15 karena di km.15 pada saat itu masih sangat sepi jadi pihak dipeloper memanfaatkan keadaan dengan sangat baik. Sehingga sampai saat ini mega asri terdapat di dua lokasi. Lokasi  pertama yang sering kali di sebut orang-orang yaitu mega asri 1 terdapat di km 14 sedangkan lokasi kedua yang sering kali di sebut orang-orang yaitu mega asri 2 yang terdapat di km 15.

              

           

About ichapajrisadwiputri

an ordinary people who always do the extraordinary things. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s